Pokemon Hack!?

± Seminggu yang lalu saya sedang melihat-lihat PC game di toko, saat terlihat sesuatu di rak game-game GBA. Pokemon Arcoiris, dan disebelahnya, Pokemon ShinyGold. Coolio!. Tapi, tunggu.. seri Pokemon baru di GBA hanya Ruby, Sapphire & Emerald! What the heck?

Setelah sampai di rumah, googling sebentar, baru tahu game pokemon macam apa itu. Itu adalah hack. Game asli yang dirombak oleh para fan, Fan-made. Hack ini biasanya memberikan grafik baru, fitur baru, storyline/map baru, atau bahkan pokemon baru!

Tapi Fan-hack selalu sepenuhnya gratis, para fan tidak pernah mengkomersilkan karya mereka, dan mereka tidak bisa. Hak komersil itu hanya dimiliki oleh Nintendo. Berarti, ada pihak pemalas yang menjual game illegal, hasil karya orang lain, pula. Those capitalist dogs!

Anyway, jangan mau beli game-game itu. Karena kalau memang mau, hacked game tersebut, ditambah banyak hack lain, bisa dicari dengan gratis antara lain di sini:

Semua website itu menyediakan hack dalam bentuk IPS Patch. Untuk memainkannya, dibutuhkan:

* Rom game yang asli, dasar dari hack tersebut dibuat. Cari di sini.

* Serta sebuah IPS Patcher, sudah saya upload satu di sini.

* Emulator, saya sarankan VBA, situs resminya di sini.

Bila semuanya sudah lengkap, jalankan IPS Patcher, ->Apply IPS Patch-> pilih IPS Patch hack anda-> pilih rom game asli. selesai! Mainkan dengan emulator. enjoy..

Oh ya, hacked game di GBA/GBC/GB tidak hanya pada seri pokemon saja, walau setahu saya seri pokemon adalah game yang paling sering di-hack. Bila ada hacked game lain yang diinginkan, prosedurnya ±sama.

Dan juga perlu diingat kalau game-game ini dibuat oleh para fan, bukan profesional. jadi kalau bertemu bug atau glitch, yah, itu biasa. Tapi cukup menghibur sambil menunggu generasi pokemon selanjutnya.

 

 

~ oleh Sir Spitod pada Maret 31, 2008.

2 Tanggapan to “Pokemon Hack!?”

  1. Could you update the link toward Wah?
    Correct: http://wah.studiopokemon.com/sitio/about-en.php
    Incorrect: http://wah.studiopokemon.com/endex.php?go=hr/hren.php

  2. Patients and diabetics experiencing symptoms and the signs of Alzheimer’s disease should also avoidtaking the extract without their physician’s recommendations.

Tinggalkan komentar